EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Rabu, 04 Juni 2008

Distribusi

A. Pengertian distribusi
Kegitan menyalurkan barang/ jasa agar barang/ jasa dari produsen sampai ke konsumen dengan tujuan memperpendek jarak antara daerah konsumen dengan daerah produsen

B. Fungsi distribusi dan Tugas Distribusi
Fungsi ekonomis Distribusi
1. menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
2. memecahkan persoalan perbedaan tempat
3. memecahkan persolan waktu
4. seleksi dan kombinasi barang menurut jumlah dan jenisnya

Tugas Distribusi
Hal-hal yang harus dilakukan oleh mata rantai distribusi sehingga barang/ jasa dialirkan dari produsen ke konsumen.
1. membeli : malkuakn pembelian atas barang/ jasa
2. menjual: melkukan penjualan barng/ jasa yang tela dibeli pada tingkat harag yang berlaku
3. Pengangkutan : mengangkut baran/ jasa dari tempat produsen ke tempat konsumen
4. menyimpan: melkuakn penyimpanan barang samapai barang dibutuhkan oleh konsumen
5. Mengadakana standardisasi: mengadakan pengukuran pada barang/ jasa sehingga memudahkan komsumen menentukan pilihannya
6. Pembelanjaan: mengenai modal yang diperlukan terutama untuk melakukan stok barang, membayar pegawai dan penbelurana rutin
7. mengadakan advertensi/ Iklan: mengadakan kampanye untuk memperkenalan barang-barang baik harga, cap/ merk, kualitas , dsb
8. Mengambil resiko: kemungkinan rugi/ rusak barangnya seperti kebakaran, kecurian, turun harga, dsb
9. memberikan informasi: memberikan keterangan mengenai harga yang berlaku, kemungkinan harga di masa depan

C. Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi
1. Faktor pasar : dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen yaitu jumlah konsumen, letak geografis, jumlah pesanan, kebiasaan dalam pembelian
2. Faktor barang : berhubungan dengan nilai unit, besar, besar, berat barang, barang mudah rusak, standar barang
3. Faktor perusahaan: berhubungan dengan sumber dana, pengalaman dan kemempuan manajemen, pengawasan dan pelayanan
4. Faktor kebiasaan dalam pembelian: kebisaan dalam pembelian: berhubungan dengan kegunaan barang perantara, sikap perantara, volume penjualan, ongkos penyaluran barang

D. Pelaku-pelaku distribusi
1. pedagang besar/ grosir/ wholesaler: pedagang yang menyalurkan barang dari produsen dalam jumlah yang besar
2. Pedagang kecil/ retailet : pedagang yang menyalurkan barang/ jasa dari pedagang besar samapai ke tangan konsumen
3. Agen : menyalurkan hasil produksi dari suatu perusahaan dengan mendapatkan potongan harga/ komisi
4. Makelar: perantara dalam jual beli barang atas nama orang lain dengan menerima balas jasa berupa provisi/ kurtasi
5. Komisioner: perantara dalam jual beli barang untuk orang laian atas nama sendiri dan bertanggung jawab penuh atas segala tindakannya, balas jasa berupa komisi.
6. Eksportir dan importir
Eksportir : pedagang yang kegiatannya menjual barang ke luar negeri
Importir : pedagang yang kegiatannya membeli barang dari luar negeri

7. Koperasi: badan usaha yang beranggotakan orang atau badan-badan hukum koperasi sebagai organisasi rakyat yang berwatak sosial dan berdasarkan asas kekeluargaan.
8. Salesman/ sales girl : perantara kegiatan pendistribusiab barang dari produsen ke konsumen atau langsung mengadakan kunjungan rumah ke rumah (door to door) sehingga dapat langsung bertemu dengan konsumen atau pedagang eceran/ kecil

E. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam memilih saluran distribusi
1. Faktor pasar meliputi jumlah konsumen, letak geografis, jumlah pesanan dan kebiasaan dalam pemebelian.
2. Faktor pasar meliputi nilai unit, besar, berat barang, mudah rusajnya barang, standar barang
3. Faktor Perusahaan meliputi sumber dana, pengalaman, kemampuan manajemen, pengawasan dan pelayanan yang diberikan .

Tidak ada komentar: