Web Hosting

EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Senin, 07 April 2008

R

Rasio Dividen (pay-out ratio)
Perbandingan antara dividen yang dibayarkan terhadap pendapatan pada waktu tertentu.


Rasio Utang Modal (gearing ratio)
Perbandingan antara utang dengan seluruh modal perusahaan, untuk menilai tingkat pendapatan modal sendiri sehubungan dengan usaha peningkatan pendapatan operasional; perbandingan antara kewajiban lembaga keuangan bukan bank baik efektif maupun administratif dengan modal sendiri setelah ditambah pinjaman subordinasi.


Reasuransi (reinsurance)
Perjanjian antara beberapa perusahaan asuransi mengenai pengalihan sebagian risiko, untuk menghindarkan risiko yang terlalu besar.


Rekening Koran (current account)
Rekening yang dipergunakan untuk mencatat utang piutang antara dua orang atau badan usaha yang diperhitungkan secara terus menerus, bentuk skontro adalah yang lazim dipergunakan, jumlah piutang ditulis dalam lajur debet dan jumlah utang ditulis dalam lajur kredit.


Rekening Nostro (nostro account)
Perkiraan valuta asing bank di dalam negeri pada bank koresponden di luar negeri.


Rekening Transitoris (clearing account)
Rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan di dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan) dan saldo yang akan dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya) misalnya "Rekening Alat Tulis Kantor".


Rekening Vostro (vostro account)
Perkiraan valuta asing bank koresponden di luar negeri pada bank di dalam negeri.


Reksa Dana (Mutual Fund)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi.


Reksa Dana Campuran (Balanced Mutual Fund)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham dan obligasi.


Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Mutual Fund)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi Pasar Uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia, Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, dan Obligasi Jangka Pendek.


Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Mutual Fund)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berpendapatan tetap, yaitu obligasi.


Reksa Dana Saham (Stock Mutual Fund)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham.


Reksa Dana Terbuka (Open-End Mutual Fund)
Reksa Dana dimana Pemegang Unit Penyertaannya terbuka untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang menerbitkan Reksa Dana tersebut.


Reksa Dana Tertutup (Closed-End Mutual Fund)
Reksa Dana dimana Pemegang Unit Penyertaannya tertutup untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang menerbitkan Reksa Dana tersebut. Pemegang Unit Penyertaan hanya bisa menjual Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada investor lain, dimana mekanisme penjualan tersebut dilakukan di Bursa Efek.


Revaluasi (revaluation)
Perubahan tingkat nilai tukar mata uang suatu negara terhadap emas atau mata uang negara lain. Istilah ini berarti pula penyesuaian nilai buku suatu harga (asset) perusahaan terhadap nilai pasarnya.


Risiko (risk)
Kerugian yang mungkin diderita, yang di bidang permodalan dibedakan menjadi:
1. risiko keuangan
2. risiko bunga modal
3. risiko daya beli.

Risiko Bisnis (business risk)
Risiko kredit karena kemampuan pimpinan perusahaan debitur dalam menjalankan bisnis.


Risiko Pasar (market risk)
Risiko sekuritas atau harta lain karena tidak dapat dijual atau digadaikan dengan harga yang pantas pada saat pemiliknya membutuhkan uang.

Tidak ada komentar: