EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Sabtu, 11 Oktober 2008

PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

A) Pertumbuhan Ekonomi.
Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan hasil produksi (output) dalam tingkatan nyata ekonomi, dan diukur melalui angka perubahan hasil produksi setiap tahunnya dalam jangka yang panjang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi:
a) Sumber Daya Alam (SDA).
Suatu negara yang sumber daya alamnya melimpah, seperti kesuburan tanah, iklim, cuaca, hasil hutan dan tambang, akan mempunyai kesempatan yang besar untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat.
b) Modal dan Teknologi.
Modal dan teknologi sangat penting artinya bagi pertumbuhan ekonomi, karena dipergunakan untuk mengolah SDA yang masih bersifat potensial (belum dimanfaatkan) menjadi SDA yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal dan teknologi mampu mempertinggi tingkat efisiensi, membuka penemuan baru, dan meningkatkan kualitas produksi.
c) Sumber Daya Manusia (SDM).
Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia, karena manusia merupakan pelaksana pembangunan ekonomi. Semakin tinggi kualitas SDM dalam suatu negara, maka semakin tinggi pula tingkat produktifitas di negara tersebut
d) Sistem sosial dan sikap masyarakat.
Masyarakat modern akan lebih terbuka dan bersifat positif terhadap perubahan yang secara otomatis ditimbulkan oleh pembangunan ekonomi, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat segera terwujud.
e) Luas pasar atau pangsa pasar.
Barang dan jasa yang akan dijual kepada konsumen membutuhkan daerah pemasaran dan pangsa pasar yang tepat, baik di dalam maupun di luar negeri. Semakin luas daerah pemasaran dan pangsa pasar yang dimiliki, akan semakin besar pula peluang untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

TEORI TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI
Teori Tokoh Pokok Pikiran Keterangan
Klasik Adam Smith Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh 3 hal
 Pertumbuhan Grossdomestik Bruto (di pengaruhi oleh SDA, jumlah penduduk, persediaan barang barang)
 Pertumbuhan penduduk
 Sistem persaingan bebas
David Ricardo Pertumbuhan dipengaruhi oleh :
 Sumber daya alam yang terbatas
 Jumlah penduduk yang berkembang
 Kemajuan teknologi
 Sektor pertanian Menurut david ricardo pertumbuhan ekonomi tidak terjadi secara terus menerus , tetapi terdapat stagnansi di dalamnya.
Thomas Robert Malthus Terori pertumbuhan penduduk menyatakan bahwa ” pertumbuhan penduduk menurut deret ukur dan pertumbuhan menurut deret hitung ”, maksudnya jumlah penduduk lebih cepat berkembang dari pada pertumbuhan ekonomi.
Neo Klasik Robert Sollow Pertumbuhan dipengaruhi oleh :
 Pertumbuhan penduduk (SDM)
 Akumulasi modal
 Teknologi modern
Roy Forbes Harrod dan Evsay D. Domar Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh pertambahan modal yang akan meningkatkan modal dan nantinya pendapatan nasional.
Modern Walt Whitman Rostow Ada 5 tahap pertumbuhan ekonomi
 Masyarakat tradisional
 Pra lepas landas
 Lepas landas
 Menuju kedewasaan
 Konsumsi tinggi


TEORI TEORI PEMBANGUNAN EKONOMI
TEORI TOKOH POKOK PIKIRAN tambahan
Austria (history) Werner Sombart 1. Zaman perekonomian tertutup
2. Zaman kerajinan dan pertumbuhan
3. Zaman Kapitalis purba, madya, raya, akhir. Karl Butcher
Pokok pikiran :
Pembangunan di bedakan menjadi :
 Rumah tangga tertutup
 Rumah tangga kota
 Rumah tangga bangsa
 Rumah tangga dunia
Frederik List Pertumbuhan ekonomi dibedakan menjadi :
Masa berburu dan meramu
Masa beternak dan bertani
Masa bertani dan kerajinan
Masa kerajinan dan industri serta niaga.



B) Pembangunan Ekonomi.
Pembangunan ekonomi adalah proses dan langkah-langkah yang dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan PNB dan pendapatan per kapita penduduknya dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi. Sumber pembiayaan pembangunan ekonomi adalah simpanan domestik, investasi asing, serta bantuan dari luar negeri. Pembangunan ekonomi mempunyai tiga unsur penting, yaitu:
1) Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses, yaitu rangkaian kegiatan pembangunan yang dilakukan secara terus menerus dengan maksud mengubah keadaan perekonomian tertentu menjadi keadaan perekonomian yang diinginkan.
2) Pembangunan ekonomi dilakukan untuk meningkatkan PNB dan pandapatan per kapita, sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan ekonomi.

Dampak pembangunan ekonomi:
1) Dampak positif:
a) Terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kejahatan.
b) Pendapatan masyarakat bertambah, sehingga kesejahteraan rakyat dapat ditingkatkan.
c) Fasilitas umum dapat terpenuhi, sehingga segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar. Misalnya dengan adanya jalan layang, diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.


2) Dampak negatif:
a) Meningkatkan urbanisasi, yang disebabkan karena pelaksanaan pembangunan ekonomi di pedesaan tidak merata, sehingga masyarakat di desa lebih memilih untuk berpindah ke daerah perkotaan.
b) Terjadinya pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan hidup, akibat dari limbah pembangunan.

Tidak ada komentar: