EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Rabu, 07 Mei 2008

SMA Kolese de Britto sebagai Juara 3 Olimpiade Ekonomi Akuntansi 2008

SMA Negeri I Sukoharjo menjuarai Olimpiade Ekonomi-Akuntansi antar SMA se-DIY dan Jawa Tengah yang diselenggarkan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi-Akuntansi USD Sabtu (5/4) di Kampus 2 USD Mrican. SMA ini berhak mendapatkan Piala Bergilir Sri Sultan HB X dan uang pembinaan. FKIP. Sedang SMA N 1 Yogyakarta menduduki Juara 2, diikuti oleh SMA Kolese de Britto sebagai Juara 3. Sementara SMA N 6 Yogyakarta memperoleh juara harapan 1 dan Juara Harapan 2 direbut oleh SMA N 1 Yogyakarta.

Menurut Ketua Panitia Y.M.V. Mudayen, S.Pd Olimpiade ini terselenggara untuk yang ketigakalinya yang dilatarbelakangi oleh fakta empiris di SMA yang sering menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi-akuntansi kurang menarik untuk diikuti para siswa. Hal ini kemungkinan disebabkan pelaksanaan pembelajaran yang masih cenderung mengandalkan keaktifan guru di kelas, materi yang disampaikan kurang membumi, sebagian besar siswa juga beranggapan bahwa materi ekonomi identik dengan hapalan teori. Akibatnya siswa menjadi kurang termotivasi belajar ilmu ekonomi. Konsekuensinya mereka tidak terbiasa memanfaatkan hasil pembelajaran sebagai inspirasi dalam berpikir dan bertindak.

Kegiatan Olimpiade kali ini diikuti oleh 67 kelompok dari 38 SMA/SMKse-DIY dan Jawa Tengah, acara tersebut bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam pembelajaran ilmu ekonomi dan akuntansi, serta meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris dalam memahami informasi maupun peristiwa ekonomi yang terjadi dilingkungan sekitar, serta mendorong siswa untuk dapat berkompetisi secara sehat. Olimpiade ini diselenggarakan dalam bentuk games yang meliputi pengetahuan umum dan kompentensi bidang studi ekonomi dan akuntansi, praktik ekonomi dan akuntansi, dan akuntansi dan ekonomi dalam bahasa Inggris.

Tidak ada komentar: