EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Kamis, 08 Mei 2008

Sarana manajemen

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat/ sarana atau yang disebut tools. Tools merupakan syarat suatu usaha mencapai hasil yang ditetapkan. Tool tersebut dikenal dengan 6 M, yaitu man, money, materials, machines, methods, dan markets.
a. Man (Orang, Mamusia)
Dalam manajemen, manusia merupakan faktor yang paling menentukan. Manusia membuar tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuannya. Tanpa ada manusia tidak ada kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang satu.

b. Money (Uang)
Uang merupakan salah sam unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat mkar dan alar pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiaran dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (soo/s) yang penring untuk mencapai tujuan, karena segala sesuatu hams diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang hams disedialean untuk membiayai tenaga kerja, alat-alat yang dibumhkan, dan hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.
c. Materials (Materil/ Bahan)
Materi terdiri dari bahan secengah jadi (yaw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi- maieri sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

d. Machines (Mesin)
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin membawa kemudahan, menciptakan efisiensi kerja, menekan biaya, dan menciptakan keuntungan.

e. Methods (metode)
Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode atau cara kerja. Cara Kerjayang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Metode atau cara kerja adalah jalan yang dipaki dalam pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia, penggunaan waktu uang, dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, tetapi orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman, maka hasilnya mungkin tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan uatama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.

Tidak ada komentar: