EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Senin, 29 Maret 2010

ciri khas koperasi

A. Pendahul uan
Kop erasi dikenal di Indonesia seba ga i salah satu pelaku ekonomi di samp ing BUMN dan swasta. Sebagal pelaku ekonomi, koperasi dihar apkan memb eri kontribusi yang cukup besar bagi pembangunan nasional. Pada kenyataannya peran kop erasi masih jauh dari apa yang diharapkan. Namun kenyataan itu hendaknya tidak menjadi halangan untuk men genal lebih mend alam mengenai kop erasi. Khusus bagi pemerhati atau mereka yang ingin t erl ibat leb ih jauh tentang koperasi, perlu mencermati ciri-ciri yang membedakannya dari dua pelaku ekonomi lain.
Ini akan menj adi suat u p embela jaran y an g ef ektif akan p entingny a hidup bekerjasa ma, t erut ama m ela lul koperasi.

B. Nal uri Ke rja l ama
Set iap manusia p ads dasamy a ingin beker jasam a. Sebaga i mahk luk sosial,
manusia d idoron g ol eh naluriny a unt uk berhubun gan den gan mahk luk sesamany a. Dan karena set iap manusia memilik i akal dan budi, maka ia se gera sadar akan ket erbat asanny a di dalam ruan g dan wakt u, sehingga ia m embut uhkan p ert olongan sesama unt uk bisa memp erit ahankan h idup . Seba gai mahkluk sosial, manusia ju ga memp uny ai kecenderun gan unt uk bergantung p ada masyarakat di sekitamy a, terlebih
dalam bidang ekonomi. Maka m enjad i suat u kewa jaran jik a hany a den gan jal an ker ja sama p ula manusia akan mamp u men gemb an gkan int elekt ualit as dan pot ensi
sp irit ualny a.
Dengan de mikian kerja sam a sudah dikenal sej ak dari p ermulaan sej arah hidup manusia. Kerj a sama merup akan koordinasi dar i day a-day a individua l me lalui usaha kelomp ok gun a mem enuhi k ebut uhan sosial maup un ekonom inya. Perusahaan dagan g, klub ol ahra ga, organisasi p rofesional, p art ai-part ai polit ik dan sejenisny a merup akan p erkump ulan-p erkump ulan socio cult ural at au reli gius diman a oran g dap at mengeksp resikan naluri kerjasam any a. Singkat ny a kerjasama dengan seman gat saling m embant u meman g d ap at dit emukan baik dal am pemikiran m aupun kehidup an manusia di manap un ju ga.

C. Corak-corak Ke rja S ama Tradi si onal
Sej arah t elah berhasi l merek am berbagai bent uk kerjasam a y ang tumbuh dalam banyak negara d an wakt u y ang berbed a-beda da lam ka it annya dengan kebut uhan orang-or an g dal am t ahap p erkembangan sosial ekonom i merek a masin g- masin g. Kerjasama dan p artisip asi masy arakat dalam p erist iwa-perist iwa sosial reli gius sep ert i
di dalam kel ahiran, p erkawinan, penderit a p eny akit , kemat ian dan p emakaman masih namp ak dengan je las dal am ad at ist iadat masy arakat p edesaan.
Pada masy arakat y ang masih p rimit if, p engump ulan makanan, berburu, menan gkap ikan masih merup akan k e giatan y ang komuna l. Di dala m masy arakat t ani
subsist em di p edesaan, maka kegi at an ekonomi berup a pembangunan rumah,
p embuat an jalan, p emet ikan hasil t anam ka la p anen, p engemba laan t ernak dan sebagainy a masih di lakukan se cara got on g roy ong oleh sek elompok rukun t et angga.
Malahan dalam k e giatan di masy arakat umum diken al beb erap a ist ilah unt uk bentuk kerja sam a got ong roy ong sep ert i map alus di Sulawesi Ut ara, subak di Ba li.




Pada abad p ert engah an Erop a, p ekerjaan membu at saluran air (dr aina ge) dan
membuat sist em irigasi d ilakuk an secar a koop erat if den gan na ma fruit iers di Per ancis,
z agudras di Serbia dan M ont enegro, ay llus di Peru, ejidos di Meksiko, fads di India, kesemuany a merupakan bent uk kerjasa ma p ert anian y ang di lakukan se cara t radision al
p ada abad-abad y ang lampau.

D. Ke rja sama menjadi Kope rasi
Sebe lum t umbuhny a ikl im ekono mi pasar (market econo mi), orang masih hidup dalam suasana ekonomi yang swasembada di masy arakat p edesaan. Keluarga t ani
y ang subsist em memp roduksi hasil t aninya sendiri melalui ker jasam a got ong roy ong.
Sel ama p anen t idak ga gal, m asyarakat akan t erus swasembada (di bidang pangan mereka). St andar kehidupan masy arakat masih rendah dan m ereka ber gant ung sep enuhny a kep ada kemurahan al am. T ap i dengan munculny a ekonom i p asar, orient asi y ang t adiny a sekedar memenuh i kebut uhan masy arakat setemp at diubah menjad i orient asi produksi y ang
diarahkan kep ada pasar di t ingkat nasional maup un int ernasional.
Ironisnya, sarana p roduksi dan dist ribusi hany a dikuasai oleh segelint ir oran g kay a saja. Melalui sist em ekonom i p emasaran in i bany ak masy arakat t ani didoron g ke arah sp esialisasi dan p embagian-pemba gian kerja. Sumber-sumber ala m dan manusia dimanfa at kan secara r asional y ang ke mudian d iimb an gi d en gan p emaka ian teknik-
t eknik efisien unt uk mencap ai p roduksi massal. Peningkat an p roduksi berart i ju ga menin gkat ny a kekay aan masy arakat dan negara. Hal ini kemud ian menjad i sebuah ironi ba gi p erkemban gan masy arakat . Seba ga i ba gian dar i perkembangan sist em kep it alis, maka sudah men jadi kewajar an dan hukum a lam diman a y ang mamp u bert ahan ada lah mer eka yan g m amp u men gu asai t eknolo gi, sedan gkan y an g t idak mamp u menj adi bagi an y ang t ersisih. L ahirl ah si kay a dan si m iskin y an g sem akin lama menj adi jur ang p emisah dal am m asyarakat .
Menjelang p ertengahan ab ad ke-19 mun cullah berba gai organ isasi buruh unt uk
menent an g ket idakad ilan y ang dilah irkan oleh sist em kap it alis ini. Serik at -serikat
buruh memberi corak kerj a sama dan n ilai t ersendiri. Namun sekelo mpok konsumen
di Inggris merasa bahwa mer eka b isa m enin gkat kan kerj a sama t radision al menj adi
kerja sama t erarah, sehin gga unt uk p ert ama kaliny a muncul sebuah kop erasi dalam bentuk y ang masih klasikal di kot a Rochdale. Sekelo mp ok konsumer, y ang merasa dirugikan ke mudian merint is t erbent ukny a koperasi konsumsi p ada t ahun 1844.
M ereka mendirikan p erkump ulan kop erasi ini unt uk dap at membel i baran g-b aran g kebut uhan merek a dan kemud ian menju alny a kep ada para an ggot a se cara langsun g, sehingga har ga d iharap kan jauh lebih murah.

E. Pol a Dasar Kope rasi se bagai Suatu Usaha
Sep ert i telah dike mukakan di at as, p ara konsumen y ang in gin m emperoleh b aran g dengan harga r elat if murah bersam a-sama me mbent uk kop erasi. Ada dua f akt or
ut ama y ang mendoron g konsumen miskin di kot a Ro chdale me mbent uk usaha kop erasi t ersebut , yait u:
a. Mut u barang y ang amat j elek di wakt u it u (misalnya gul a d an garam d ica mp uri
pasir, makanan kal en g bany ak y ang busuk dan seba gainy a)




b. Harga baran g y an g a mat t inggi y an g meny ebabkan si miskin h arus berhut ang t erus
menerus
Kebobrokan situasi y ang ada wakt u it u t elah memaksa mer eka unt uk bert indak lalu menc et uskan sebuah revolusi y ang sam a seka li t idak t erdu ga sebelumny a.
M ereka kemudian men emukan p rinsip -prinsip (Rochdal e Pri nci pl es) y ang menj adi
dasar p ergerak an kop erasi y ang sekaran g berkemban g ke seluruh dun ia.
Adap un p rinsip -p rinsip (p ola dasar) y ang mereka t emuk an it u adal ah seba ga i berikut :
a. Kep ada anggot a yang b erjasa d ibay arkan uan g j asa b. Bunga d ibat asi
c. Jual den gan h ar ga p asaran dan sel alu den gan pembay aran kont an
d. Perkemban gan t erus menerus
e. Peny elenggaraan sec ara de mokrat is, sat u anggot a, sat u suara t anpa p erwakilan suara
f. Keanggotaan t erbuka
g. Net ral dalam a gam a dan p olit ik
h. Pendidikan t erus menerus

Tidak ada komentar: