EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Minggu, 05 Oktober 2008

RPP Ekonomi Klas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
: SMA Kolese De Britto
Mata Pelajaran
: Ekonomi
Kelas /Semester
: X/1
Standar Kompetensi
: Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia

Indikator
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit (2 pertemuan)

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia

1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b. Siswa dapat mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

2. Materi Pembelajaran
a. Kebutuhan manusia
b. Pengertian kebutuhan
c. Macam-macam kebutuhan

3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Presentasi multimedia
Demonstrasi
Modulasi

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

a. Kegiatan awal Kegiatan Pembelajaran:
1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2) Guru dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.

b. Kegiatan Inti
1) Siswa mengamati berbagai jenis kebutuhan yang terdapat di lingkungan sekolah.
2) Siswa mencari informasi tentang pengertiankebtuhan dengan memanfaatkan literatur
3) Siswa diajak untuk menentukan ciri-ciri dari masing-masing jenis-jenis kebutuhan yang telah ditemukan tersebut
4) Siswa mengidentifikasi berbagai macam jenis barang ke dalam kebutuhan
5) Siswa menulis data yang ditemukan berdasarkan hasil identifikasi ke dalam buku catatan.
6) Siswa secara bergilir memaparkan hasil temuan ke forum


c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.

Pertemuan Kedua

a. Kegiatan awal Pembelajaran:
1) Guru membuka pelajaran dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.
2) Bertanya kepada siswa tentang penggolongan kebutuhan.


b. Kegiatan Inti
1) Siswa diajak untuk mengidentifikasi kebutuhan yang ada di dalam masyarakat melalui media masa lokal.
2) Siswa mengelompokkan macam-macam kebutuhan yang ditemukan ke dalam jenis-jenis kebutuhan
3) Siswa menentukan kebutuhan yang menjadi kebutuhan dominan masyarakat Sleman.
4) Siswa menulis data gambar berdasarkan hasil identifikasi.


c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.


5. Penilaian
a. Teknik : Penugasan.
b. Bentuk instrumen : Tugas projek
c. Soal /Instrumen :
1. Jelaskan pengertian kebutuhan!
2. Sebutkan macam-macam kebutuhan yang ada di dalam masyarakat!
3. Inventaris 10 macam kebutuhan yang terdapat di dalam keluargamu. Berdasarkan inventaris tersebut klasifikasikan kedalam macam-macam kebutuhan!
4. Buatlah penggolongan kebutuahan diri anda semdiri dengan menggunakan skalan prioritas!



Skor maksimal:
No 1) = 5
No 2) = 5
No 3) = 5
No 4) = 5
Jumlah = 20







Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.

Perolehan Skor



Nilai akhir =
------------------------
X
Skor Ideal (100)
= . . .

Skor Maksimum (20)

Tidak ada komentar: