EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Selasa, 29 April 2008

Pemakai Informasi akuntansi

Informasi akuntansi adalah data transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan selama satu periode tertentu yang diikhtisarkan dalam bentuk laporan keuangan.
Laporan keuangan meliputi neraca yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan, laporan rugi laba yang menggambarkan perkembangan dan hasil usaha perusahaan, serta laporan-lapaoran lainnya. Dengan demikian laporan keuangan merupakan alat komunikasi antara kegiatanusaha perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap posisi keuangan dan perkembangan perusahaan yang bersangkutan.

Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi adalah :

pimpinan perusahaan
Laporan keuangan bagi pimpinan perusahaan berfungsi sebagai :
a.Bukti pertanggungjawaban bagi para pemilik perusahaan atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mengelola perusahaan
b.Alat penilaian atas pelaksanaan kegiatan perusahaan, baik secara keseluruhan, bagian-bagian, maupun secara individu yang diserahi wewenang dan tanggung jawab
c.Alat untuk mengukur tingkat biaya dari kegiatan-kegiatan perusahaan
d.Dasar atau bahan pertimbangan dalam menetapkan rencana kegiatan di masa datang
Pemilik Perusahaan
Dalam perusahaan-perusahaan yang pimpinannya diserahkan kepda orang lain, seperti dalam bentuk Perseroan terbatas (PT), maka bagi pemilik perusahaan laporan keuangan berfungsi sebagai:
a.alat untuk menilai hasil yang telah dicapai oleh pimpinan perusahaan
b.Dasar penentuan taksiran keuntungan yang akan diterima di masa datang, serta perkembangan harga saham yang dimilikinya.

Kreditur dan calon kreditur
Kreditur adalah oang atau badan, misalnya, Bank yang akan memberikan kredit kepada perusahaan dalam bentuk uang atau barang. Kreditur, banker, an calon kreditur berkepentingan mengetahui laporan keuangan suatu perusahaan, khususnya perusahaan yang mengajukan permohonan kredit, yaitu untuk memutuskan pemberian kredit atau menentukan jumlah kredit yang diberikan.
Para kreditur perlu lebih dahulu mengetahui keadaaan (posisi) keuangan perusahaan yang mengajukan kredit. Dari hasil analisa laporan keuangan suatu perusahaan, maka dapat diketahui perusahaan yang bersangkutan mampu mengembalikan pinjaman pada saat jatuh tempo atau tidak. Selain itu, dapat diketahui pula apakah pinjaman yang akan diberikan cukup mendapat jaminan atau tidak.

Pemerintah
Pemerintah di mana suatu perusahaan berada (berdomisili) sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan perushaan yang bersangkutan, tujuannya adalah :
a.Penentuan besarnya pajak yang menjadi beban perusahaan
b.Untuk kepentingan data statistik pada dinas perindustrian, perdagangan dan biro pusat statistik yang selanjutnya akan dijadikan dasar perencanaan pemerintah

Karyawan
Karyawan suatu perusahaan berkepentingan terhadap laporang keuangan perusahaan yang bersangkutan, yaitu :
a.Untuk mengtahui tingkat kemampuan suatu perusahaan tempat dimana mereka bekerja dalam memberikan upah dan jaminan sosial lainnya.
b. Dari laporan keuangan dapat dilihat perkembangan serta prospek perusahaan serta prospek perusahaan yang bersangkutan, sehingga karyawan dapat menentukan pilihan langkah yang harus dilakukan, sehubungan dengan kelangsungan kerjanya
c. Dalam perusahaan yang biasa memberikan bonus kepada karyawannya setiap akhir periode, dengan melihat laporan keuangan maka karyawan dapat mengetahui tingkat kelayakan bonus yang diterimanya dibanding dengan keuntungan perusahaan dalam periode yang bersangkutan.

Tidak ada komentar: