EARLY FROM EDUCATION AND GROWTH WITH EDUCATION

Minggu, 20 April 2008

Bidang Akuntansi

Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, kompleksnya masalah perusahaan yang didorong kemajuan teknologi, timblnya system perpajakan baru, dan bertambahnya berbagai peraturan pemerintah terhadap kegiatan perusahaan, para akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya di bidang akuntansi. Bidang khusus akuntansi adalah ..

Akuntansi Keuangan (Financial accounting)
Akuntansi keuangan disebut pula akuntnsi umum (general accounting ), yaitu akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan ( unit ekonomi) dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman pada prinsip akuntansi. Laporan umum dan laporan khusus disusun untuk membedakan jenis informasi yang diperlukan bagi pimpinan, pemilik/investor, kreditur, badan pemerintah, dan sebagainya.

Akuntasni pemeriksaan (Auditing)
Akuntansi pemeriksaan merupakan kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan akuntansi keuangan atau akuntansi umum. Akuntan public melakukan pemeriksaan terhadap catatan-catatan yang menunjang laporan keuangan dengan menyatakan kelayakan dan dapat dipercayanya suatu lapaoran Dalam suatu erusahaan sering dipekerjakan seorang internal auditor yang tugas utamanya adalah menentukan pelaksanaan tiap bagian perushaan dalam mematuhi kebijaksanaan pimpinan.

Akunatansi biaya (cost accounting)
Akuntasni biaya berhubungan dengan penertapan dan pengendalaina biaya. Pengumpulan dan penganalisaan data biaya, baik biaya yang telah terjadi maupun biaya yang akan terjadi (perkiraan) digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program di mas yang akan datang.

Akuntansi manajemen (Management Accounting )
Akuntansi manajemen berhubungan dengan pengidentifikasiaan dan pemilihan yang terbaik beberapa alternatif kebijaksanaan atau tindakan dengan menggunakan data historis atau taksiran untuk membantu pimpinan.

Akuntansi perpajakan (Tax Accounting)
Akuntansi perpajakan berhubungan dengan penyusunan surat pemberitahuan pajak teutang (SPT) dan pertimbangan kemungkinan timbulnya pajak yang terjadi sebagai konsekuensi adanya transaksi dalam perusahaan. Oleh karena itu, akuntan harus selalu mengkuti peratauran perpajakan.

Akuntansi Sistem (system accounting)
Akuntansi system berhubungan dengan penyusunan rencana, pelaksanaan proses akuntansi, prosedur pengumpulan, dan pelaporan data keuangan sehingga tercipta tata kerja yang efektif dan efisien.

Akuntansi anggaran (Budgeting accounting)
Akuntansi angggaran digunakan untuk menyusun rencana keuangan yang berkaitan dengan bkegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dan untuk membandingkan antara rencana dan pelaksanaan yang terjadi.

Akuntansi pemerintahan (Governmental Accounting)
Akuntansi pemerintahan berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan tarnsaksi di badan-badan atau lembaga-lembaga pemerintahan. Pencatatan itu mencakup administrasi keuangan negara, pelaporan dan pengontrolan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan dari undang-undang dan peraturan yang berlaku.


Akuntansi Pendidik (educational Accounting)
Akuntansi pendidikan berhubungan dengan pengajaran, penyuluhan, penelitian,dan konsultan di bidang pengembangan akuntansi.

Akuntansi sosial (Social Accounting)
Akuntansi social berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan tentang perubahan sosial akibat kemajuan teknologi, ekonomi, dan budaya. Misalnya, melakukan perhitungan kepadatan wisata untuk bahan pertimbangan dalam mengalokasikan dana pembangunan di bidang pariwisata.

Tidak ada komentar: